Menu

Mengapa Perut Buncit? inilah Sebabnya

Mengapa Perut Buncit? inilah Sebabnya – Perut buncit adalah kendala setiap orang untuk tampil percaya diri. Bagaimana tidak, bagian tubuh yang menonjol ini tidak proporsional dengan ukuran tubuh mereka yang tidak gemuk.

Bagi yang berbadan gemuk, perut yang ikut membesar tidak akan kelihatan menonjol karena bisa dibilang gemuknya proporsional, tetapi bagi orang-orang yang bertubuh tidak gemuk atau berat badan dalam kategori ideal berkisar antara 40-50 kg memiliki perut buncit adalah “PR” yang harus mereka selesaikan.

Anggapan bahwa perut buncit hanya diderita oleh laki-laki yang berusia 40 tahun ke atas atau wanita yang telah memiliki anak ternyata salah. Saat ini, banyak keluhan dari mulai anak-anak, remaja dan wanita dewasa yang belum menikah mengenai masalah perut buncit mereka. Mengapa perut buncit? Padahal anggota tubuh lainnya aman-aman saja.

Penyebab Perut Buncit

Penyebab Perut Buncit

Penyebab perut buncit beraneka ragam mulai dari faktor makanan hingga gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa kasus bahkan dapat disebabkan oleh stress.

Inilah penyebab perut buncit yang paling sering terjadin dan mungkin tidak kita sadari:

1. Makanan

Sudahkan Anda mengontrol porsi makan Anda? Ini sangat penting sekali. Walaupun dalam sehari Anda hanya makan sekali tetapi bila porsinya besar akan sia-sia saja. Penyebab perut buncit yang paling dasar adalah porsi makan besar.

Solusinya adalah makan teratur 3 kali sehari dengan aturan berhenti makan sebelum kenyang. Kurangi makanan karbohidrat seperti nasi, turunkan porsi makan nasi sedikit demi sedikit tiap kali makan dan dapatkan porsi yang cukup buat Anda. Untuk mengimbanginya perbanyak sayuran dan ikan.

Lihat selengkapnya: Makanan Penyebab Perut Buncit

2. Cemilan

Penyebab perut buncit berikutnya adalah cemilan. Suka makan keripik, biscuit, wafe, permen? Gantilah cemilan tersebut dengan cemilan yang lebih sehat seperti buah segar, yogurt, biscuit gandum atau kacang almond.

Kurangi juga cemilan olahan tepung terigu seperti roti. Makanlah roti yang terbuat dari tepung gandum.

3. Kurang Bergerak

Sering duduk lama di kantor atau di depan TV adalah penyebab perut buncit yang tidak boleh disepelekan. Ketika duduk , kontraksi otot berhenti sehingga memperlambat proses metabolisme. Bila memang pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk lama maka Anda harus pintar-pintar mencuri waktu untuk berjalan sebentar walaupun itu hanya untuk mengambil air, sholat, ke kamar mandi atau ke meja kerja teman. Carilah rute yang paling panjang agar kaki Anda bergerak lebih lama.

4. Gaya Hidup

Apakah Anda adalah orang yang termasuk memperhatikan diri sendiri atau menyerahkan segala sesuatu pada hal yang berbau praktis. Menerapkan gaya hidup sehat juga penting sebab gaya hidup yang buruk pemicu utama obesitas dan perut buncit.

Untuk itu selalu usahakan untuk masak makanan sendiri secara sehat dan kurangi makanan cepat saji. Bangun pagi dan melakukan jogging serta jangan biasakan bangun kesiangan. Tidur lebih awal dan jarang begadang sampai tengah malam bila memang tidak terlalu penting.

Itu semua adalah pilihan untuk mengatur hidup Anda agar sehat dan bebas perut buncit. Jadi bijaksanalah pada tubuh Anda.

Lihat selengkapnya: Penyebab Perut Buncit

Sudah tahu kan penyebab perut buncit. Semoga artikel ini bermanfaat

#TAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya