Menu

6 Penyebab Berat Badan Turun Drastis dan Solusinya

6 Penyebab Berat Badan Turun Drastis dan Solusinya » Berat badan ideal seseorang bisa dihitung berdasarkan usia dan tinggi badannya. Menghitung berat badan ideal ini bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja asalkan tahu caranya. Berat badan ideal penting untuk diketahui agar badan tidak terlihat memiliki bobot berlebih atau sering disebut obesitas dan atau terlalu kurus. Perlakuan terhadap dua kondisi ini memang berbeda namun yang pasti keduanya harus diatasi dan itu pasti akan membutuhkan ketekunan.

Satu masalah yang terkadang diabaikan perihal berat badan ideal ini adalah menurunnya berat badan secara mendadak dan dalam jumlah yang sangat banyak. Akibatnya, tubuh menjadi terlihat kurus kering atau kasarnya seperti tinggal tulang saja.

Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian yang cukup serius dari Anda. Pasalnya, penyebab turunnya berat badan secara drastis ini dikaitkan dengan masalah kesehatan kronis. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan turunnya berat badan secara mendadak tersebut. Silakan disimak.

Ini dia 6 penyebab berat badan turun drastis yang harus diwaspadai dan cara mengatasinya

Penyebab Berat Badan Turun Drastis

Kanker

Salah satu masalah kesehatan kronis yang dikaitkan dengan turunnya berat badan secara drastis adalah kanker. Biasanya, setiap perkembangan kanker membuat berat badan menurun. Maka dari itu, agar terhindar dari hal ini Anda harus benar-benar melakukan perawatan terbaik untuk kanker Anda sesuai dengan kondisi dan saran dari dokter yang merawat Anda.

Tuberkulosis

TBC atau tuberkulosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan bisa mengakibatkan terjadinya penurunan berat badan secara drastis. Jika TBC menyerang paru-paru maka bisa jadi berat badan turun drastis dapat langsung dilihat secara kasat mata. Sedang TBC yang menyerang perut biasanya akan mengakibatkan penurunan secara substansial.

Stres dan depresi

Meski tampak sama, dua hal ini berbeda. Namun demikian yang membuatnya sama adalah baik stres maupun depresi bisa menyebabkan terjadinya penurunan berat badan secara tiba-tiba. Meski dalam beberapa artikel kami sebutkan stres dapat berakibat pada kegemukan karena terlepasnya hormon kortisol, stres berat justru bisa menyebabkan bolemia atau dengan kata lain malah menurunkan berat badan secara drastis. Stres berat atau depresi ini bisa membuat seseorang malas makan karena nafsu makan yang menurun.

Gangguan tiroid – Hipertiroidisme

Hipertiroidisme bisa menyebabkan penurunan berat badan secara mendadak. Tidak hanya berat badan, rambut juga bisa rontok sebagai imbas dari gangguan tiroid yang satu ini.

Diabetes

Peningkatan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan menyusutnya massa otot. Dengan kata lain, tanda atau gejala awal diabetes ini akan berakibat pada penurunan berat badan.

Gangguan di usus (celiac)

Salah satu masalah yang sering menjadi sebab dari turunnya berat badan secara tiba-tiba adalah penyakit yang ada di usus atau penyakit celiac. Hal ini karena usus yang mengalami gangguan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik dalam hal penyerapan makanan.

Solusi terbaik untuk menghindari dan menanggulangi berat badan turun drastis adalah dengan hidup sehat dan jauh dari stres. Tanggap terhadap segala perubahan pada tubuh dan menanggulanginya secepat dan setepat mungkin.

#TAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya