Perut Terasa Panas dan Sakit

Perut terasa panas dan sakit jangan disepelekan begitu saja tanpa adanya penanganan khusus karena dapat menyebabkan berbagai masalah. Selain rasa sakit yang akan sangat menyiksa kondisi pada perut yang semakin sakit sebuah tanda perut mengalami gangguan yang sangat berat. Salah satu masalah yang sering ditemui dalam kondisi ini adalah penyakit maag.

Penyakit maag memang merupakan masalah yang sudah umum diderita banyak orang. Walau kebanyakan tidak menyadari bila dirinya mengalami gangguan atau penyakit pada perutnya, yaitu penyakit maag. Kesadaran dan langkah penanganan baru dilakukan saat kondisi sudah bertambah parah. Dalam kondisi ini bukan hanya sekedar rasa panas saja yang akan dialami, tapi lebih parah dari itu. Karena itu perlu dilakukan langkah penanganan sejak dini.

Penyebab Sakit Maag

Perut terasa panas dan sakit

Masalah perut terasa panas dan sakit bukanlah masalah yang datang begitu saja. Masalah ini ada penyebabnya sebagaimana yang kami kutip dari Detik Health, masalah ini dapat disebabkan oleh faktor defensif lambung dan faktor agresi.

  • Faktor Defensif Lambung
    Menurut salah satu pakar dari RS Premier Bintaro, yaitu dr T Bahdar Johan, SpPD menyebutkan faktor defensif lambung adalah faktor pelindung permukaan lambung dari HCl (asam hidroklorida). HCl adalah asam keras yang dihasilkan kelenjar kelenjar pada lambung. HCl berfungsi dalam pencernaan, sebagai rintangan terhadap kuman yang masuk ke tubuh melalui saluran cerna. Dalam kondisi yang luar biasa, perut akan terasa panas dan sakit karena itu perlu dilakukan penanganan khusus.
  • Faktor Agresi
    Faktor agresi adalah faktor-faktor yang dapat merusak permukaan lambung, misalnya obat-obataan seperti aspirin, obat penghilang nyeri, dan lain-lain.

Dalam kondisi yang benar-benar parah perut akan terasa panas dan tidak jarang semakin sakit. Pada beberapa kasus ditemukan juga fesis atau kotoran yang keluar juga mengeluarkan lendir darah. Bila hal ini sudah terjadi berarti perut sudah semakin tidak sehat dan perlu dilakukan penanganan khusus. Penanganan yang dapat dilakukan tiada lain tiada bukan adalah dengan datang ke dokter spesialis penyakit dalam.

Lihat informasi menarik pada artikel sebelumnya: Olahraga Cara Mengecilkan Perut Dengan Cepat

Semakin cepat dilakukan penanganan pada penderita maag, maka akan semakin mudah dilakukan pengobatan. Pastikan tubuh anda senantiasa terjaga dari berbagai masalah yang dapat memperparah kondisi tubuh. Hindari makanan yang keras dan sulit dicerna. Makanlah makanan lembut yang tidak terlalu memberatkan lambung.

Demikian informasi dari kami seputar perut terasa panas dan sakit pada kesempatan ini. Semoga tubuh dapat semakin sehat dan terhindar dari berbagai gangguan lainnya.

Perut Terasa Panas dan Sakit | Indra | 4.5


Kirim Komentar Anda