Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit berikut ini solusi terbaik untuk pria agar memiliki perut langsing dan sehat. Tentu saja tidak hanya pria saja, wanita juga memiliki kesempatan yang sama untuk melangsingkan perut dengan menerapkan olahraga dibawah ini. Namun kebanyakan yang sudah menerapkannya latihan ini adalah para pria, sehingga hasilnya sudah jelas terlihat nyata.

Right, memang tidak bisa dipungkiri setiap orang pada umumnya sangat menginginkan memiliki perut sixpack, bagus, dan ideal. Apalagi bila didukung dengan bagian otot perut yang tidak kendur, sehingga terlihat sangat atletis. Memiliki perut seperti ini akan memberikan banyak manfaat bagi pria maupun wanita.

Manfaat Memiliki Perut Langsing

Memiliki perut yang tidak buncit memiliki banyak sekali manfaatnya. Baik itu bagi kesehatan maupun penampilan. Adapun manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut:

Mudah saat beraktifitas

Memiliki perut langsing akan memudahkan saat beraktifitas dimana saja, terutama saat bekerja. Gerakan tubuh akan lebih cepat dan gesit. Saat pekerjaan membutuhkan tenaga ektra juga tidak mudah kelelahan.

Lebih santai saat duduk

Memiliki perut buncit akan membuat kesulitan saat duduk. Duduk menjadi terasa tidak nyaman saat dalam berbagai posisi duduk. Tidak jarang juga pinggang menjadi lebih mudah pegal dan keram.

Dapat memiliki paha dan betis ideal

Tidak sedikit yang mengeluh karena memiliki paha dan betis yang besar. Terkadang masalah ini bukan berasal dari gangguan betis atau paha itu sendiri. Melainkan berasal dari perut yang buncit. Hal ini tidaklah aneh sebab saat menampung beban yang berat akibat perut buncit dapat menyebabkan paha dan betis dapat menjadi lebih besar.

Penampilan menjadi lebih keren

Memiliki perut rata akan mempermudah saat memilih pakaian. Baju yang ukuran sedang dapat menjadi pas. Dan disaat membeli dengan ukuran sedikit lebih besar akan terasa nyaman karena dapat lebih leluasa bergerak. Sebaliknya saat perut menjadi buncit baju yang tadinya pas menjadi tidak muat lagi dan yang dulunya kebesaran sekarang terasa sangat ketat.

Lebih percaya diri

Memiliki penampilan yang tepat memang akan meningkatkan kepercayaan diri. Nah dengan adanya perut langsing dan rata akan memudah berpakaian. Tidak heran kepercayaan diri juga meningkan berkali lipat.

Tidak heran banyak orang yang mencari berbagai cara untuk menjadikan perut langsing dan sehat. Baik itu dengan melakukan latihan atau olahraga tertentu hingga menggunakan obat-obatan. Tentunya setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kabar gembiranya dewasa ini sudah tersedia berbagai metode untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan perut buncit. Baik itu dengan menggunakan metode pengobatan tradisional maupun modern. Cara tradisional umumnya lebih banyak dipilih karena hasilnya sudah terbukti sejak turun temurun dan juga aman tanpa menimbulkan efek samping seperti cara modern.

Berikut ini salah satu metode terbaik untuk mengecilkan perut buncit, yaitu dengan melakukan gerakan olahraga. Info lebih lengkapnya dapat dilihat berikut ini.

3 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut  Buncit

1. Exercise Ball Crunch

Olahraga yang satu ini merupakan teknik latihan perut dengan menggunakan bola sebagai media untuk menguatkan otot perut rectus abdominis dan otot perut bagian lainnya. Saat melakukan latihan ini perut akan bekerja dengan keras yang didukung oleh otot perut, sehingga akan menguatkan semua otot perut.

Exercise ball crunch atau bola latihan merupakan olahraga yang lebih dikenal dengan nama swiss ball. Bola yang merupakan peralatan di gym ini akan membantu membentuk dan menguatkan otot terutama otot perut. Kekuatan otot perut akan membuat perut semakin kencang, sehat, dan langsing. Ditambah lagi dengan paha dan betis yang semakin ideal.

Selain menguatkan otot perut latihan exercise ball crunch juga berperan besar dalam melatihan keseimbangan tubuh. Adapun langkah-langkah melakukan latihan atau gerakan ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama rebahkan tubuh diatas bola lalu renggangkan kedua kaki selebar bahu.
  • Kedua posisikan tangan berada tepat disamping kepala.
  • Ketiga Kontrasikan otot perut dalam posisi pinggang terus bergerak, sehingga tubuh bagian atas terangkat. Lakukan tahapan ketiga ini dengan menahan beberapa detik.

Catatan :

  • Saat berbaring tarik nafas kuat-kuat dan sebaliknya saat mengangkat tubuh hembuskan nafas secara perlahan.
  • Ingat jangan pernah terbalik, yaitu saat melakukan gerakan menurunkan badan jangan lebih cepat daripada mengangkat tubuh.
  • Untuk memperoleh hasil maksimal sangat disarankan mencari instruktur di gym atau tempat olahraga terdekat.

2. Bicycle Crunch

Latihan bicyle cruch merupakan olahraga atau gerakan yang berfungsi agar perut dapat bekerja maksimal. Kerja maksimal dari perut akan membantu memperlancar pembakaran lemak di perut dan bagian lainnya. Terbakarnya lemak akan membuat perut semakin sixpack.

Olahraga yang memiliki beberapa sebutan ini dapatkan dilakukan dengan maksimal bila memahami konsepnya. Adapun nama lain dari gerakan ini adalah air bike, ataupun bicycle maneuver. Berikut tahapan latihan yang dilakukan:

  • Posisi pertama adalah berbaring di lantai dengan tubuh lurus menempel pada lantai.
  • Gerakan kedua sama dengan exercise ball crunch yaitu tangan ditempatkan pada samping kepala.
  • Pastikan pandangan lurus ke atas bila belum posisikan tubuh semaksimal mungkin.
  • Kemudian angkat kaki kiri ke atas dan tekuk.
  • Angkat kepala dan tubuh bagian atas dan arahkan siku kanan ke lutut kiri.
  • Tahan posisi ini selama beberapa detik kemudian kembali ke posisi awal dan ulangi untuk bagian tubuh sebelah kanan.
  • Tarik nafas saat menurunkan tubuh dan hembuskan nafas saat mengangkat tubuh.
  • Gerakan saat mengangkat tubuh harus lebih cepat daripada menurunkan tubuh.

Captain’s Chair

Captain’s Chair lebih dikenal dengan knee raise merupakan latihan yang bermanfaat untuk membuat otot perut agar lebih kuat dan kencang. Gerakan ini bekerja hingga 2-3 kali lipat lebih keras daripada crunch biasa. Bila dilakukan dengan maksimal akan memperoleh hasil yang lebih efektif dari kedua latihan sebelumnya.

Dengan melakukan gerakan captain’s chair tidak hanya menguatkan otot perut saja, akan tetapi juga memiliki manfaat lainnya untuk menguatkan otot-otot tubuh lainnya. Adapun tahapan latihan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh dengan punggung menempel pada sandaran mesin seperti pada gambar.
  • Kedua tangan dan siku menempel dan bertumpu pada bantalan yang tersedia.
  • Tangan memegang handle.
  • Kaki bergantung lurus ke bawah.
  • Angkat kedua kaki ke atas hingga setinggi bantalan tangan.
  • Tahan posisi ini beberapa detik kemudian kembali ke posisi semula.
  • Tarik nafas saat menurunkan kaki dan hembuskan nafas saat mengangkat kaki.
  • Gerakan mengangkat kaki harus lebih cepat daripada gerakan menurunkan kaki.

Perlu dipahami bersama 3 jenis latihan atau gerakan diatas hanya sebagai sarana saja. Tentunya mengatur pola makan dan menerapkan hidup sehat juga harus dijalankan bila ingin memperoleh hasil maksimal. Belum lagi konsisten dalam penerapan juga penting sebab tidak bisa dilakukan sekali saja, minimal seminggu sekali atau sesuai instruksi dari pelatih anda.

Demikian gerakan olahraga untuk menurunkan perut buncit yang dapat kami sajikan pada kesempatan ini. Semoga dapat bermanfaat dan menjadikan perut semakin langsing dan tubuh semakin sehat.

Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit | Indra | 4.5


Kirim Komentar Anda