Cara Diet Ibu Menyusui Secara Alami Agar Tubuh Langsing

Cara diet ibu menyusui secara alami agar tubuh langsing, berat badan ideal, perut rata, paha kecil, dan bebas lemak di tubuh dengan cepat tanpa efek samping merupakan keinginan besar dan hal yang dicari seorang wanita setelah melahirkan. Memang tidak bisa dipungkiri seorang wanita yang sedang mengandung akan mengalami peningkatan bobot badan berlebih yang menyebabkan kegemukan atau obesitas. Perlu diketahui masalah ini bila tidak ditangani secara serius akan berlanjut hingga kelahiran buah hati tercinta, saat menyusui, dan bahkan ketika anak sudah semakin besar.

Memiliki perut buncit dan berat badan yang berlebihan memang masalah yang sering terjadi pada setiap wanita. Hal ini terjadi karena disaat hamil umumnya akan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi belum lagi beberapa vitamin yang memang dianjurkan untuk mendukung kesehatan tubuhnya dan janin. Setelah bayi, yaitu pada fase menyusui seorang ibu juga dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi agar pertumbuhan si buah hati dapat berjalan dengan baik. Belum lagi ditambah dengan kebiasaan yang malas olahraga dan beraktifitas seperti biasanya, yang tentu saja menyebabkan timbunan lemak di tubuh semakin meningkat.

Bagi calon ibu yang saat ini masih dalam fase kehamilan tentu merasakan kecemasan akan mengalami kegemukan setelah melahirkan dan menyusui. Tentu saja hal ini wajar saja, namun sebenarnya tidak perlu cemas karena semuanya bisa diatasi asalkan tahu cara yang tepat untuk mencegah dan menuntaskannya.

Adapun langkah pertama yang harus dilakukan saat akan melakukan diet saat menyusui adalah memperhatikan kesehatan anda dan bayi. Bila bayi diberi ASI ekslusif sebaiknya mempertimbangkan dengan baik melakukan diet atau tidak. Tujuannya agar bayi anda tetap terjaga kesehatannya dan tidak kekurangan gizi.

Nah, berikut ini diet sehat untuk ibu menyusui dari pengaturan menu makan, hingga beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melangsingkan tubuh.

Menu Makanan Untuk Diet Ibu Menyusui Per Hari

Cara Diet Ibu Menyusui Secara Alami Agar Tubuh Langsing

Sebelum melakukan diet sangat disarankan kepada ibu menyusui untuk melakukan konsultasi dengan dokter atau bidan andalan terdekat. Agar mereka dapat melakukan pemeriksaan apakah anda boleh melakukan diet atau tidak. Bila mereka menyarankan anda fokus kepada si kecil dulu, maka sebaiknya anda penuhi saran tersebut agar tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan. Bila mereka membolehkan, maka anda dapat mencoba melakukan diet dengan mengatur menu makannya berikut ini:

1. Sarapan di Pagi Hari (jam 07.00)

Awalilah aktifitas di pagi hari sebelum berangkat ketempat kerja atau aktifitas lainnya dengan sarapan pagi. Sarapan pagi dapat diisi dengan makanan dibawah ini:

  • English Muffin, yaitu makanan yang berasal dari setengah sendok makan selai kacang yang dipadukan dengan gandum.
  • Keju rendah lemak, makanlah makananlah keju rendah lemak dengan selai buah yang di mixing terlebih dahulu.
  • Jus segar, terakhir lengkapi sarapan anda dipagi hari dengan segelas jus jeruk yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D.

2. Snack Menjelang Siang (jam 10.00 pagi)

Saat menjelang siang anda dapat mengkonsumsi makanan sehat yang dapat memenuhi nafsu makan dan juga kebutuhan energi. Adapun makanan yang baik dikonsumsi siang hari oleh ibu menyusui saat sedang diet adalah sebagai berikut:

  • Yogurt, awalilah makan siang anda dengan mengkonsumsi 30 ml yogurt rendah lemak.
  • Wortel, konsumsi juga 14 buah wortel yang berukuran kecil.

Kedua makanan ini tidak menyebabkan peningkatan lemak, tapi sebaliknya akan membantu kesehatan dan kebugaran tubuh. karena itu sangat tepat untuk dikonsumsi saat makan siang.

3. Makan Siang Yang Sehat (jam 01.00 siang)

Saat siang hari anda dapat mengkonsumsi makanan berikut:

  • Lasagna sayuran yang merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi sodium didalamnya.
  • Sebagai makanan pelengkap anda dapat makan 1 buah apel yang berukuran besar, bila tidak ada boleh mengkonsumsi 2 buah apel ukuran sedang.

4. Ngemil Sore Yang Sehat (jam 04.00 sore)

Saat terasa lapar di sore hari anda dapat mengkonsumsi cemilan ringan dibawah ini:

  • 22 kacang almond
  • Sekotak kismis (lebih kurang 40 gram).

Tentunya anda boleh mengkonsumsi keduanya sekaligus atau boleh salah satunya saja. Namun untuk memenuhi kebutuhan gizi harian sangat disarankan untuk mengkonsumsi keduanya sekaligus.

5. Makan Malam Rendah Lemak (Jam 07.00 Malam)

Saat malam hari, tepatnya jam 7 malam tiba waktunya makan malam. Saat makan malam sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daging, namun tetap memperhatikan kesehatannya dengan memilih makanan yang rendah lemak. Misalnya saja saat malam hari anda dapat mengkonsumsi:

  • Ayam bakar (200 gr), tepatnya bagian dada karena memang terbukti lebih rendah lemak dibandingkan bagian lainnya.
  • Lengkapi juga dengan rebusan daun bayam, kentang yang sudah direbus, dan dressing yang berasal dari minyak canola. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi semuanya agar kebutuhan anda dan bayi dapat terpenuhi.

6. Snack Malam Hari (sekitar jam 09.00 malam)

Setelah jeda sekitar 2 jam setelah makan malam anda dapat melanjutkan mengkonsumsi Dessert yang setidaknya mengandung 100 hingga 150 kalori.

Bagaimana bila setelah mengkonsumsi semuanya masih terasa lapar? tidak perlu aneh ini suatu tanda bila tubuh anda masih memerlukan makanan karena kebutuhan energi memang lebih besar. Baiknya untuk memenuhi kebutuhan energi ini anda dapat mengkonsumsi makanan sehat senilai 100 kalori lagi.

Adapun makanan sehat yang mengandung 100 kalori diantaranya, sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi 12 wortel ukuran kecil dengan 2 sendok kecil dip hummus.
  • Boleh juga mengkonsumsi 30 biji anggur.
  • Mengkonsumsi 1 buah apel, 1 buah pear, 1 buah jeruk, dan 1 buah pisang.
  • Anda juga dapat mengkonsumsi 1 kantong Popcorn yang dilengkapi dengan sehelai lembar keju.

Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Diet

Agar tubuh anda senantiasa terjaga sebaiknya lakukan beberapa hal dibawah ini:

1. Jangan Mengkonsumsi Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji merupakan makanan yang memang dapat langsung dinikmati. Namun kandungan didalamnya tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga akan menjadi sampah dan timbunan lemak terutama di perut. Karena itulah anda perlu menghindari makanan ini, terutama saat menyusui.

2. Atur Pola Makan Sebaik Mungkin

Mengatur pola makan merupakan langkah tepat untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh terutama saat menyusui. Nah, untuk ibu menyusui terutama yang ingin tetap langsing dan sehat dapat menerapkan menu makan diatas.

3. Lakukan Olahraga Ringan Tapi Rutin

Agar semuanya senantiasa terjaga ada baiknya imbangi juga dengan olahraga yang teratur. Olahraga yang dilakukan tidak musti yang berat, cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti joging beberapa menit di pagi hari.

Demikian informasi bagaimana cara diet ibu menyusui secara alami agar tubuh langsing yang dapat kami sajikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat.

Cara Diet Ibu Menyusui Secara Alami Agar Tubuh Langsing | Indra | 4.5


Kirim Komentar Anda