8 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung perlu diketahui bila ingin melakukan penanganan terbaik saat mengalami masalah ini. Dan bila tidak memiliki masalah perut kembung dapat melakukan pencegahan sejak dini. Ingat mencegah lebih dari mengobati, namun menangani dengan cepat dan tepat adalah langkah bijak bila terlanjur mengalami masalah atau gangguan kesehatan.

Penyebab Perut Kembung

Berikut ini 8 penyebab perut kembung yang kami kumpulkan dari berbagai sumber bacaan.

Tanda Awal Kehamilan
Salah satu tanda awal kehamilan adalah munculnya perasaan mual yang diiringi dengan perut terasa kembung dan tidak nyaman di pinggang saat menggunakan pakaian. Tidak perlu panik bila mengalami hal ini karena pada masa kehamilan terutama diawal kehamilan memang perut akan terasa kembung dan tidak nyaman. Hal ini terjadi karena hormonal dalam tubuh mengalami perubahan.

Mengkonsumsi Makanan Penghasil Gas

Masalah perut kembung juga dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan tertentu yang banyak menghasilkan gas. Adapun makanan yang dapat memicu perut menjadi kembung, contohnya nangka, kacang-kacangan, sayuran tertentu, durian, soda dan lainnya. Boleh saja mengkonsumsi makanan ini namun sebaiknya porsinya dalam jumlah yang sedikit saja agar tidak berdampak pada berbagai masalah.

Makan Tidak Teratur
Menurut Dr. Untung Sudomo, SpPD salah satu pakar kesehatan dari RS.Meilia Cibubur yang kami kutip dari Kolom Dokter Kita Republika.co.id menjelaskan bila makan tidak teratur bisa menyebabkan kembung. Makan pagi merupakan hal yang penting, kembung bila disertai rasa asam/ panas yang merambat kebelakang dada (regurgitasi), mungkin anda menderita penyakit refluxs/ isi lambung ke kerongkongan (Gerd). Bila kembung disertai pedih ulu hati, ini yang disebut Dispepsia (istilah awamnya maag).

Masih menurut beliau metode yang sederhana dalam membantu meringankan gejala kembung antara lain adalah melakukan perubahan pola konsumsi dengan menghindari makanan berlemak maupun bersoda. Selain itu dapat pula minum teh hangat untuk menetralisir gas di lambung. Atau bisa memberikan obat gosok semacam minyak angin diperut untuk meredakan gejala kembung tersebut.

Kuman dan Bakteri

Perut kembung juga dapat terjadi karena kuman dan bakteri dari luar masuk kedalam lambung melalui saluran pencernaan atau makanan yang dikonsumsi. Kuman dan bakteri yang masuk kedalam tubuh akan merangsang selaput lendir lambung. Waspadalah bila mengalami perut kembung karena kuman dan bakteri karena dapat menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Mengalami Penyakit Saluran Pencernaan

Mengalami penyakit pada saluran pencernaan tidak hanya menimbulkan rasa sakit saja, akan tetapi juga berdampak pada perut yang terasa kembung. Beberapa penyakit infeksi pada saluran pencernaan, seperti penyakit thypus radang akut kelenjar pankreas, atau disentri usus infeksi yang berasal dari luar saluran pencernaan yang dapat menyebabkan perut terasa kembung.

Mengunyah permen karet

Bagi sebagian orang mengunyah permen memang mengasyikan dan menyenangkan terutama disaat santai atau dalam progres kerja yang banyak memeras otak. Namun tahukah anda mengunyah permen sangat beresiko mengalami masalah perut kembung karena itu tidak disarankan mengkonsumsinya secara terus menerus apalagi dalam jumlah besar.

Menggunakan celana longgar

Memang tidak disarankan anda menggunakan celana yang ketat apalagi celana berbentuk levis. Namun menggunakan celana yang terlalur longgar juga bukanlah hal yang bijak karena dapat menyebabkan perut kembung. Pilihlah celana yang nyaman dan pas tidak kebesaran juga tidak kekecilan.

Pemanis buatan

Pemanis buatan adalah sumber utama pemicu terjadinya perut kembung karena kandungan glukosa dalam pemanis buatan sangatlah tinggi padahal kebutuhan tubuh terhadap gula tidaklah besar. Akibatnya kandungan gula dalam pemanis buatan akan menumpuk menjadi lemak di lambung.

Stress

Dalam kondisi stress tubuh akan meresponnya dengan cepat, sehingga nafsu makan meningkat terutama terhadap makanan ringan. Jangan biarkan stress membuat perut menjadi kembung.

Sampai disini sudah sangat jelas bukan? apa saja penyebab perut kembung yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu menghindari masalah perut buncit.

8 Penyebab Perut Kembung | Indra | 4.5


Kirim Komentar Anda